Wisasongko Menyebut Media Terbitan LPMS Ideas Tidak Berimbang

by Mahasiswa Jatim

“Buletin Partikelir ini isinya hujatan dan umpatan semua, dari awal sampai akhir,” kata Rosy Dewi Arianti Saptoyo menirukan ucapan Pembantu Dekan III (PD III) Wisasongko. Rosy adalah reporter dan anggota Lembaga Pers Mahasiswa Sastra (LPMS) Ideas yang mendapat intimidasi dari PD III. (baca: Reporter LPMS Ideas Dilecehkan Birokrasi Fakultas Sastra Universitas Jember)

Setelah diklarifikasi  persmaideas.com, Wisasongko membenarkan bahwa dirinya memang mengkritik media LPMS Ideas yang berupa bulletin Partikelir yang berjudul Mafia Dana Praktikum. Menurut Wisasongko Partikelir tersebut tidak seimbang karena hanya berisi satu tema yang menurutnya hal-hal negatif kemudian kepada Rosy ia meminta agar menulis hal positif dari institusi,  “Masak satu terbitan isinya masalah dana praktikum semua, saya pikir ini tidak seimbang. Kemudian akhirnya kami minta Rosy ini, tolong kalau nulis yang baik, toh ini juga institusi kita semuanya.”

Dari keterangan Rosy, ia sempat menjelaskan kepada Wisasongko mengenai  proses kerja jurnalisik yang dilakukan LPMS Ideas dalam membuat media. ”Saya mengatakan bahwa kawan-kawan Ideas telah menulis dengan hati-hati dan patuh kaidah kode etik jurnalistik,” jelasnya. Rosy juga menceritakan bagaimana sulitnya memastikan kevalidan berita yang harus berulang kali turun lapang untuk wawancara dan klarifikasi ke beberapa narasumber.

“Tidak seimbang menurut Pak Wis itukan karena rubriknya, maunya setengah mengkritisi setengan lagi memuji. Sukur kalau memuji semua,” Ujar Rosy. Ia juga menyangkal kalau Ideas hanya memuat berita negatif, “Dalam persmaideas.com juga memuat karya kreatif mahasiswa kan. Menurut saya itu hal positif di Fakultas Sastra.”

Namun, Wisasongko bersikukuh bahwa media LPMS Ideas harus dibuat berimbang dengan dimuatnya berita positif. Terlebih dana penerbitan diperoleh dari fakultas, “Tolong hal-hal positif itu dimunculkan. Ini juga institusi kalian sendiri, rumah kalian, dananya juga minta kepada kami. Sudah minta dana pada kami kemudian menulis tidak benar tentang kami, itu gimana,” tutur Wisasongko.

 

Penulis: Nurul Aini

from Persmaideas.com http://ift.tt/1E7Pef4
via IFTTT

Share this article

Leave a comment