Mahasiswa UIN Kritik Ustad Matre

by Mahasiswa Jatim

MALANG KOTA – Melakukan kritik sosial tidak harus melulu dengan aksi demonstrasi. Melakukan karnavalpun bisa dijadikan ajang untuk melakukan kritik. Sebagaimana yang tersaji dalam karnaval oleh sekitar 1.700 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Malang kemarin (7/6).

Meskipun paling banyak yang dibawakan dalam karnaval bertemakan lingkungan, namun ada sejumlah mahasiswa yang melakukan kritik sosial dalam Karnaval berjalan kaki mengelilingi Jalan Gajayana, Jalan MT Hariono dan Jalan Merjosari itu.

Salah satu kritik yang dibawakan mahasiswa tersebut adalah soal maraknya ustad yang matre. Para mahasiswa itupun berdandan ala ustad dengan berjubah dan berjenggot, dan membawa sebuah poster yang bertuliskan ustad bersertifikat. ”Ini kritik bagi kita kalau banyak yang tidak bekerja karena Allah tapi karena uang,” kata Ahmad Komaruddin, salah seorang pengurus Ma’had UIN Malang sebagai penyelenggara acara tersebut.

Selain itu, para mahasiswa juga mengkritik maraknya kasus korupsi yang terjadi di bangsa ini. Dalam aksinya, mahasiswa mengusung tulisan besar bertuliskan KPK (Komisi Pemberantas Korupsi), di depan tulisan itu, ada tiga mahasiswa yang diborgol dan berpakaian putih yang menandakan kalau mahasiswa itu adalah tahanan KPK.

Ahmad melanjutkan, acara karnaval kemarin merupakan acara tahunan sebagai salah satu perpisahan mahasiswa baru. Karena, menjelang kenaikan semester tiga, mahasiswa bakal meninggalkan ma’had atau asrama. ”Ya semacam pesta perpisahanlah,” imbuhnya.

Selanjutnya, dari berbagai peserta karnaval ini juga membawakan dengan aneka macam buah-buahan. Mereka berdandan menyerupai aneka macam buah-buahan seperti tomat, wortel semangka dan lain sebagainya. ”Kita terhibur dengan ada acara semacam ini,” kata Witra Ulhasana, salah seorang peserta.(riq/lid)

Radar Malang berdiri di bawah naungan usaha PT Malang Intermedia Pers dan terdiri dari tiga divisi kerja, yakni: Divisi Redaksi, Divisi Iklan dan Divisi Pemasaran Koran. Di luar divisi tersebut, Radar Malang telah memiliki tim event organizer (EO) yang menggarap beragam kegiatan off print Radar Malang yang bekerja sama dengan mitra kerja.

View the original article here

Share this article

Leave a comment