Mahasiswa Ambon dan Sumba Akan Sosialisasikan Perdamaian

by Mahasiswa Jatim

Via Tribun News Surabaya Mahasiswa Ambon dan Sumba Akan Sosialisasikan Perdamaian Perwakilan tokoh Ambon dan Sumba perpelukan penuh canda, usai kesepakatan damai, Sabtu (31/5/2014) di Polres Malang Kota.

SURYA Online, MALANG-Ketua Pemuda dan Mahasiswa Maluku Malang Raya, Fredy Jhon Kainama mengungkapkan, sebenarnya sudah ada upaya perdamaian antara mahasiswa Ambon dan Sumba, paska bentrok Senin (26/5/2014) lalu.

Kedua pihak sudah bertemu dan sepakat untuk mengakhiri permusuhan, namun saat itu ada komunikasi yang tidak jalan.

“Saat itu memang belum bisa membuat kesepakatan tertulis. Maka kesempatan inilah kesepakatan tertulis itu kita buat,” ucapnya Fredy, Sabtu (31/5/2014) usai penandatanganan kesepakatan damai di Mapolres Malang Kota.

Lanjut Fredy, paska kesepakatan ini pihaknya akan melakukan sosialisasi ke kantong-kantong mahasiswa asal Ambon. Fredy yakin kesepatakan ini akan ditaati. Sebab etnis Ambon selalu taat dengan orang yang dituakan, seperti kepala suku.

Di Malang Raya saat ini ada sekitar 10.000 mahasiswa Ambon. Mereka tinggal di kantong-kantong dekat kampus, seperti Sukun, Dinoyo dan Sawojajar.

“Selesai ini, kami akan keliling ke kantong-kantong. Saya yakin kesepakatan ini akan efektif dan ditaati anak-anak,” tandasnya.

Sementara perwakilan Sumba, Yonathan Kute menyadari sikap anak-anak muda Sumba. Sebab salah satu teman mereka terluka cukup parah dan dirawat di rumah sakit. Namun pihaknya sepakat berdamai, demi secepatnya menciptakan suasana kondusif di Kota Malang.

“Kita berpikirnya, bagaimana secepatnya menciptakan perdamaian di Kota Malang. Bagi kami sudah ada tanggung jawab dari pihak Ambon, itu sudah cukup,” katanya.

Bentrok antar kedua kelompok terjadi Senin (26/5/2014) di Jalan Batu Permata, Tlogomas, Kota Malang. Saat itu satu mahasiswa mengalami luka bacok di punggung. Sementara polisi telah menetapkan tiga tersangka dalam peristiwa tersebut.

View the original article here

Share this article

Leave a comment